Tuesday, October 7, 2014

Perbedaan Patch, Serial Number, Crack, Keygen & Lisensi Key

Pada kesempatan ini, admin ingin menjelaskan beberapa istilah yang nantinya akan dipergunakan untuk postingan selanjutnya tentang instalasi software yang admin share. Langsung saja, dimulai dari istilah Patch, Crack, Serial Number, Keygen dan lisensi key. Banyak dari para pengguna tersebut sering salah dalam mengartikan kata-kata tersebut, padahal Patch, Crack, Serial Number, Keygen dan lisensi key hal yang sangat jelas berbeda tetapi jika di lihat akan mempunyai tujuan yang sama dari masing-masing kata tersebut yaitu untuk membuat suatu software yang trial menjadikan full version. Oleh karena itu mari kita kaji apa itu Patch, Crack, Serial Number, Keygen dan lisensi key agar para pengguna bisa tepat dalam memahami begitu juga dalam menjelaskan kata diatas dengan orang yang bertanya.
  • Patch
Path disini, bisa diartikan menjadi dua sisi, sebagai penggunaan positif dan penggunaan negatif. Tergantung dengan penggunanya, sebagai contoh bisa diibaratkan dengan sebuah game atau software, jika ingin mengupdate versi terbaru harus menjalankan proses update yang itu dinamakan proses patch. Begitupula dengan patch yang berbau jahat, mereka para pembuat patch akan mengkompres suatu file atau bit dalam sebuah file agar dijalankan dengan mudah pada pengguna yang akan mengepatchnya. Biasanya patch yang berbau jahat ini sering digunakan untuk aktivasi atau mengubah lisensi sebuah software agar menjadi full version.

  • Serial Number
Serial adalah sebuah aktifasi yang berupa kumpulan huruf dan angka untuk membuat sebuah software atau aplikasi menjadikan full version. Biasanya serial ini dihasilkan dengan sebuah aplikasi yang disebut KeyGen (Key Generator).

  • Crack
Ini adalah sebuah program .exe (executable) atau file .dll yang menggantikan file exe aslinya, file inilah yang di compres pada program patch untuk digunakan kepada user. Cara penggunaannya biasanya diletakkan di sebuah direktori dimana kita menginstal software tersebut. Program cracking tersebut didapat dari proses reverse enginering yaitu mengubah file exe aslinya agar mendapatkan software yang trial menjadi full version dengan gratis.

  • Keygen
Untuk mendapatkan sebuah serial Number adalah dengan cara menggunakan keygen. Program ini dibuat berdasarkan algoritma yang ada pada aktivasi software tersebut secara random hingga sama seperti istilah diatas, yaitu mengubah software trial menjadikan full version secara gratis.

  • Lisensi Key
Lisensi key inilah yang tidak sama dengan serial number, karena jika serial number adalah sebuah aktivasi dengan membuka slot serialnumber, sedangkan lisensi adalah aktivasi asli atau legal dari produk software tersebut. Seperti misal MS Office 2010, aktivasinya tidak menggunakan serial number, tetapi dengan cara lain yaitu dengan menggunakan program DxTory dengan ekstensi .dxtorylic yangmana lisensi ini harus membeli pada prusahaan asli tersebut.

Kesimpulan

Dengan mengetahui artikel diatas, maka kita sudah tau bagaimana cara aktivasi yang paling aman, yaitu dengan menggunakan serial number atau lisensi key agar dapat teraktivasi secara legal. Jika kita menggunakan crack atau patch belumtau kalau didalam crack tersebut terdapat sebuah virus, trojan atau maleware.

Sekian posting tersebut admin buatkan untuk pendahuluan mengikuti blog ini, karena nantinya admin akan memposting software-software dengan menggunakan crack atau patch.

0 comments :

Post a Comment